Tips Beli HP Android Murah, Sesuai Kebutuhan

Sekarang ini, keberadaan handphone sudah hampir tak bisa lagi jauh-jauh dari manusia. Perkembangan dan pergantian modelnya yang sangat pesat terkadang mengharuskan penguna untuk mengikuti tren tersebut, termasuk dengan  update barang dan membeli handphonedengan model terbaru.


Namun bagaimana jika Anda terkendala dengan masalah uang namun ingin tetap eksis dengan memiliki hp Android lengkap dengan fitur-fitur terkini? Berikut akan disampaikan beberapa tips beli hp Android murah dan tentu saja sesuai dengan kebutuhan Anda. 


1.      Perhatikan chipset dan GPU yang digunakan

Dua perangkat ini akan mempengaruhi hasil kinerja ponsel yang akan Anda beli. Jika ponsel yang akan Anda beli hanya digunakan untuk penggunaan standart seperti sms, telepon dan browsing di internet seperti membuka media sosial berupa facebook dan lain-lain, maka tak perlu menggunakan chipset dengan ukuran tinggi. Namun jika Anda ingin bermain game Android berkualitas tinggi, chipset berukuran tinggi nampaknya sangat Anda butuhkan. Dengan begitu, pilah sesuai dengan kebutuhan Anda. 

2.      RAM

Ukuran RAM sangat berpengaruh terhadap lemot tidaknya hp Android Anda. Sering kita jumpai ponsel menjadi sangat lambat saat akan membuka menu atau bermain game. Hal ini berhubungan dengan ukuran RAM yang rendah. Ukuran RAM dalam sebuah ponsel sangat beragam, tergantung dari harga ponsel itu sendiri. Misalnya RAM super tinggi dimiliki oleh Samsung Note 3 yang juga memiliki harga tinggi. Sedangkan pada ponsel dengan harga di bawah 1 juta, rata-rata RAM yang digunakan yaitu 512 mb, bahkan ada yang 256 mb.  Melihat ukuran RAM merupakan tips beli hp Android murahyang kedua.  

3.      Ukuran Kamera

Kamera merupakan salah satu item yang sangat penting untuk diperhatikan saat Anda akan membeli sebuah ponsel, terlebih bagi Anda yang suka berfoto atau berselfie. Berbeda dengan kamera handphone sekitar tahun 2005-an yang masih menggunakan kamera berkualitas rendah dengan rata-rata berukuran 2-3 mp saja, sekarang kamera handphone sudah mencapai 10 mp bahkan lebih. Perhatikan pula di bagian fitur kamera, terdapat led flash, image stabilizer dan auto focus atau tidak. jika Anda gemar memotret dengan kamera handphone, maka fitur-fitur tersebut wajib ada di kamera handphone. Namun jika Anda tak terlalu suka memotret, maka handphone dengan ukuran kamera 3,1 mp saja sudah cukup. Dengan begitu, budget juga dapat diminimalisir. 

4.      Kapasitas baterai

Tips beli hp Android murah keempat yaitu berhubungan dengan kapasitas baterai. Hp dengan kapasitas baterai tinggi biasanya juga akan memiliki harga yang lebih mahal. Baterai berkapasitas besar sangat diperlukan, terlebih bagi Anda yang sering berkegiatan di luar rumah. 

5.      Ukuran layar

Ukuran layar tergantung dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya ingin bermain game, maka sangat disarankan untuk membeli sebuah tablet pc. Namun jika ingin membeli sebuah ponsel yang digunakan utnuk telepon, multimedia serta banyak kegiatan lainnya, maka ponsel dengan ukuran 5 inci sudah bisa memenuhi kebutuhan Anda tersebut. 

6.      Internal memori

Tips beli hp Android murahyang keenam yaitu berhubungan dengan memori internal. Jika Anda bertujuan untuk memasang banyak aplikasi Android di handphone yang akan Anda beli, maka sangat disarankan untuk memilih ponsel dengan memori internal berkapasitas 16 atau 32 Gb. Karena biasanya, aplikasi Android biasanya hanya bisa diinstal ke memori internal, kecuali versi OS tertentu. Namun jika tak tertarik untuk memasang aplikasi serta game, maka memori berkapasitas berapapun tak akan menjadi masalah. 
7.      Versi OS Android

Tips beli hp Android murah yang terakhir yaitu dengan memperhatikan sistem operasi yang akan Anda gunakan. Tak sedikit para pengguna smartphone yang mencari OS versi Android terbaru, mungkin dikarenakan oleh tampilan dan juga fiturnya yang lengkap. Namun jika dilihat lagi, OS Jelly Bean versi 4.1 sudah memiliki tampilan yang cukup baik dan juga sudah support dengan berbagai jenis game, aplikasi serta tampilan yang mewah.